Cara Memperbaiki Tampilan Kotak Penelusuran Sitelink

www.gurudzgn.com - Hi Web Developer! kembali lagi bersama guru design kali ini guru design akan membahas sitelink google. Keberadaan kotak penelusuran sitelink ini lumayan penting untuk pengoptimalan mesin pencari dalam meranking halaman web kita. Pusat google penelusuran juga mengatakan kalau kotak penelusuran sitelink merupakan metode cepat untuk orang-orang yang menelusuri web ataupun aplikasi kita di halaman hasil penelusuran. Kotak penelusuran ini menerapkan metode real- time serta fitur yang lain.

Cara Memperbaiki Tampilan Kotak Penelusuran Sitelink

Apa Itu Google Sitelink? 

Google Sitelink merupakan sub-pages yang terdapat di bawah web pertama yang muncul di hasil pencarian. Sitelink ini umumnya berisi link ke berbagai halaman terpopuler di web tersebut. Nah, Google Sitelink ini umumnya muncul disaat Kamu mencari dengan kata kunci sesuatu nama brand yang khusus, misal Gurudzgn. Jumlah Google Sitelink yang timbul berbeda- beda tiap web. Dapat 2, 4, 6, ataupun bahkan 8 sitelink. Jumlahnya sepenuhnya ditentukan oleh Google, bukan pemilik web. 

Pada dasarnya, Google Penelusuran bisa otomatis menunjukkan kotak penelusuran yang dicakupkan ke web kita saat web muncul sebagai hasil penelusuran. Tampilannya dapat berbeda-beda pada masing-masing website/web. Ada yang terdiri dari 2 kolom, 4 kolom, 6 kolom, dst. Link-link yang timbul pada kolom tersebut biasanya berbentuk halaman statis seperti about, kontak, sitemap, maupun sebagian judul postingan yang populer di web kita.

Umumnya, kotak penelusuran sitelink ini bakal diberikan google kepada situs-situs website/web yang sudah mempunyai satu ataupun banyak postingan yang berhasil masuk halaman page one di hasil pencarian. Maksudnya, kita tidak butuh menerapkan apa pun untuk mewujudkannya. Walaupun begitu, tampilan sitelink otomatis ini seiring waktu kadangkala dapat berubah-ubah jumlahnya, justru bahkan menghilang, tetapi setelah beberapa waktu akan timbul kembali.

Supaya kotak penelusuran sitelink tetap timbul dan normal jumlahnya, kita bisa secara eksplisit membagikan data serta mengendalikan aspek tertentu dari kotak penelusuran sitelink dengan meningkatkan data terstruktur Web. Tujuannya ialah supaya bisa membantu Google memahami web kita dengan lebih baik lagi.

Cara Memperbaiki Tampilan Kotak Penelusuran Sitelink

Untuk memasang Kotak Penelusuran Sitelink di Web, kita dapat mengikuti langkahnya seperti yang sudah dipaparkan pada Pusat Google Penelusuran. Triknya ialah dengan menambahkan beberapa kode ke dalam template web untuk menambahkan data terstruktur Web.

Pada Wordpress kotak pencarian Google Sitelink dapat dipengaruhi dengan JSON-LD. Ada 2 metode untuk memasang JSON-LD, ialah dengan Yoast SEO dan plugin Sitelinks Search Box.

Apabila Kamu memakai Yoast SEO, sudah secara otomatis akan menambahkan JSON-LD ke dalam web kamu. Tetapi, jika kamu bukan pengguna Yoast SEO, aktifkan saja plugin Sitelinks Search Box yang juga dapat membantu menambahkan JSON- LD ke web Kamu.

Untuk Blogger kamu bisa memasang kode sitelink yang sudah saya pasang di blog ini, kodenya sbb:

<script type='application/ld+json'>
{
&quot;@context&quot;: &quot;https://schema.org&quot;,
&quot;@type&quot;: &quot;WebSite&quot;,
&quot;url&quot;: &quot;<data:blog.homepageUrl/>&quot;,
&quot;name&quot;: &quot;<data:blog.title/>&quot;,
&quot;alternateName&quot;: &quot;<data:blog.title/>&quot;,
&quot;potentialAction&quot;: {
&quot;@type&quot;: &quot;SearchAction&quot;,
&quot;target&quot;: &quot;<data:blog.homepageUrl/>search?q={search_term_string}&amp;max-results=8&quot;,
&quot;query-input&quot;: &quot;required name=search_term_string&quot;
}
}
</script>

Letakkan kode tersebut di bawah deretan kode <head> setelah itu simpan kembali template kamu.

untuk demonya bisa lihat disini:

Result

Setelah berhasil memasang serta mengaktifkan Kotak Penelusuran Sitelink, silahkan tunggu beberapa waktu supaya google melakukan index ulang pada web/blog kamu. Jika web sudah dinilai layak oleh google, maka tampilan Kotak Penelusuran Sitelink akan segera telihat. Ataupun kamu juga dapat mengeceknya melalui pengujian hasil kaya.

Demikian tutorial Cara Memperbaiki Tampilan Kotak Penelusuran Sitelink. Semoga bisa bermanfaat dan terima kasih sudah berkunjung.